Pages

Rabu, 07 Desember 2011

JENIS KELAMIN BAYI


JENIS KELAMIN BAYI


Cabang-cabang ilmu pengetahuan yang berkembang seperti genetika dan biologi molekuler telah membenarkan secara ilmiah ketepatan informasi yang diberikan al-qur’an . Kini diketahui bahwa jenis kelamin ditentukan oleh sel-sel sperma dari tubuh pria, dan bahwa wanita tidak berperan dalam proses penentuan jenis kelamin ini.

Kromosom adalah unsur utama dalam penentuan jenis kelamin. Dua dari 46 kromosom yang menentukan bentuk seseorang manusia diketahui sebagai kromosom kelamin. Dua kromosom ini disebut “XY” pada pria , dan “XX” pada wanita.penanaman ini di dasarkan pada bentuk kromosom tersebut yang menyerupai bentuk-bentuk huruf ini. Kromosom Ymembawa gen-gen yang mengkode sifat-sifat kelelakian , sedangkan kromosom X membawa gen-gen yang mengkode sifat-sifat kewanitaan.

Pembentukan seseorang manusia baru berawal dari penggabungan salah satu dari kromosom ini , yang pada pria dan wanita , ada dalam keadaan berpasangan . pada wanita kedua bagian sel kelamin yang membelah menjadi dua selama peristiwa ovulasi , membawa kromosom X. sebaliknya . sel kelamin seorang pria menghasilkan dua sel sperma yang berbeda , satu berisi kromosom X. dan yang lainya berisi kromosom Y. jika satu telur berkromosom X dari wanita ini berfgabung dengan sperma yang membawa kromosom Y maka bayi yang akan lahir berjenis kelamin pri.

Dengan kata lain, jenis kelamin bayi ditentukan oleh jenis kromosom mana dari pria yang bergabung dengan sel telur wanita. Tak satupun informasi ini dapat diketahui hingga ditemukanya ilmu genetika pada abad ke 20 . bahkan di  banyak masyarakat , diyakini bahwa jenis kelamin bayi ditentukan oleh pihak wanita . inilah mengapa kaum wanita dipersalahkan ketika melahirkan bayi perempuan . namun tiga belas abad sebelum penenuan gen manusia , al qur’qn telqh mengungkapkan informasi yang menghapuskan keyakinan tkhayul ini. Dan menyatakan bahwa wanita bukanlah penentu jenis kelamin bayi, akan tetaqpi air mani dari pria.

0 komentar:

Posting Komentar