Pages

Rabu, 07 Desember 2011

Bagaimana sebenarnya tuntunan menghatamkan Al-Qur’an.


Bagaimana sebenarnya tuntunan menghatamkan Al-Qur’an.

D
emi kefakihan dan kefahaman terhadap ayat yang dibaca , Nabi Muhamad Saw. Tidak membenarkan menghatamkan bacaan Al-Qur’an kurang dari tiga hari. Dengan demikian setiap hari dibatasi maksimal 10 juz sehingga dapat menghatamkan bacaan Al-Qur’an tidak kurang dari tiga hari.

Hadist Nabi Saw. Yang dikeluarkan oleh Imam Malik menyatakan bahwa Nabi Saw. Tidak pernah menghatamkan bacaan Al-Qur’an dalam satu hari . bahkan beliau menunjukkan kepada Abdullah Ibn Amr ra. Ketika menghatamkan bacaan Al-Qur’an dalam waktu yang relative singakt Nabi Saw. Berasabda :

“ khatamkan bacaan Al-Qur’an selama satu bulan . Abdullah berkata : Tetapi saya masih mampu membaca lebih banyak sehingga dapat menghatamkan lebih cepat. Nabi SAW. Bersabda : kalau begitu khatamkan bacaan Al-Qur’an selama dua puluh hari . Abdullah berkata : Tetapi saya masih mampu membaca lebih banyak sehingga dapat menghatamkan lebih cepat lagi. Nabi SAW. Bersabda : kalau begitu khatamkan bacaan Al-Qur’an selama tujuh hari. Jangan menambah bacaan kamu lagi sehingga kamu dapat mengahatamkannya lebih cepat “ . ( HR. Bukhari dan Muslim ).


Dalam riwayat lain : “ Kemudian Nabi Saw. Memberi kelonggaran lagi , dia diijinkan membaca lebih banyak lagi sehingga dapat menghatamkan bacaan Al-Qur’an selama tiga hari”. HR. Nasai dan Turmudzi . hadis ini dinilai sah oleh Imam Turmudzi. Dalam riwayat lain : “Nabi dengan tegas mengharamkan seseorang menghatamkan bacaan Al-Qur’an kurang dari tiga hari “. HR. Darimi dan Sa’id Ibn Mansur dengan sanad ( mata rantai perawi ) yang sah.

Dalam riwayat lain Nabi Saw. Memberi peringatan keras kepada  orang yang menghatamkan bacaan Al-Qur’an kurang dari tiga hari bahwa dia tidak akan memahami bacaanya. Sebagaimana hadis Nabi Saw. “ Barang siapa menghatamkan bacaan Al-Qur’an kurang dari tiga hari , maka dia tidak akan dapat memahami bacaan nya “. HR. Ahmad dengan sanad ( mata rantai perawi ) yang sah. 





0 komentar:

Posting Komentar